Tuesday, March 16, 2010

Control Panel



Control Panel adalah adalah bagian dari system operasi Windows pengguna grafis antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi dasar sistem pengaturan dan kontrol melalui applet, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, mengendalikan pengguna account, dan aksesibilitas mengubah pilihan. Tambahan applet dapat diberikan oleh perangkat lunak pihak ketiga.
Control Panel telah melekat sebuah bagian dari sistem operasi Microsoft Windows sejak pertama rilis (Windows 1.0), dengan banyak dari saat ini applet yang ditambahkan dalam versi terbaru. Diawali dengan Windows 95, Control Panel dilaksanakan sebagai folder khusus, yaitu folder tidak ada secara fisik, tetapi hanya berisi cara pintas ke berbagai applet seperti Tambah atau Hapus Program dan Internet Options. Secara fisik, applet ini disimpan sebagai. Cpl file. Misalnya, Tambah atau Hapus Program applet disimpan dengan nama appwiz.cpl di SYSTEM32 folder.
Pada versi Windows, Control Panel memiliki dua pandangan, dan Classic View Category View, dan ada kemungkinan untuk beralih antara tersebut melalui salah satu pilihan yang muncul pada bagian kiri jendela.
Banyak dari individu Control Panel applet dapat diakses dengan cara lain. Misalnya, Property Tampilan dapat diakses dengan mengklik-kanan pada area yang kosong dari desktop dan memilih Properties.


Berikut sub menu yang ada dalam control panel :

Menu-menu yang penting untuk diketahui adalah :
1. System
Di sini anda dapat melihat spesifikasi komputer anda, berapa RAM-nya, apa nama komputer anda, apa sistem operasi dan processor yang di gunakan.
Pada bagian Device Manager, anda dapat melihat seluruh hardware yang terpasang di komputer anda, dan anda dapat melihat, apakah hardware yang terpasang ada yang konflik (secara software) atau tidak. Jika ada yang konflik atau error, maka akan muncul tanda seru pada komponen yang konflik, dan anda dapat menginstall ulang drivernya.

Sedangkan untuk submenu hardware profiles dan performance, sebaiknya tidak diutak-atik, kecuali anda telah mahir untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul.
2. Regional Settings
Pada bagian ini, anda dapat merubah tanggal, waktu, currency, format waktu dan penanggalan, format angka, dan lokasi tempat tinggal anda. Ingat, setting waktu dan format di sini akan dipakai oleh seluruh aplikasi yang terinstall di komputer anda.
3. Power Management
Di bagian ini anda dapat mengatur, apakah system akan stand by secara otomatis setelah jangka waktu tertentu, apakah hardisk dan monitor akan mati setelah jangka waktu tertantu tidak ada aktifitas, dan sebagai nya.

5. Mouse
Di bagian ini anda dapat mengatur properties mouse anda. Anda dapat merubah tampi lan pointer mouse, kecepatan gerak mouse, orientasi klik kiri/kanan, dan semua yang berhubungan dengan mouse anda.


6. Keyboard
Di bagian ini anda dapat mengatur properties keyboard anda dan semua yang berhubungan dengan mouse anda.

7. Display
Di bagian ini anda dapat mengatur seluruh tampilan yang ada di komputer anda, mulai dari mengganti wallpaper (background), screen saver, effek, appearance, dan setting resolusi monitor.

8. Add / Remove Programs
Di bagian ini anda dapat menginstall program baru, dan meng-uninstall program yang sudah ada di komputer anda. Mungki n saja program yang sudah terinstall di komputer anda mengalami error, maka anda dapat meng-uninstallnya, kemudian diinstall ulang.
Di bagian Windows setup, anda dapat menambahkan dan menghapus komponen¬komponen windows yang mungkin ingin anda tambahkan atau hapus. Komponen yang di maksud di sini adalah program-program kecil yang disediakan windows, tapi yang tidak terinstall secara otomatis saat anda pertama kali menginstall windows. Contoh komponen windows adalah Ms Internet Explorer, Ms Outlook Express, Ms Netmeeting, dan sebagainya.
Di bagian Startup Disk, anda dapat membuat emergency-disk yang sangat berguna saat windows anda mengalami masalah. Seringkali masalah dapat di selesaikan dengan menggunakan emergency-disk i ni.


9. Add New Hardware
Add new hardware adalah sebuah wizard (penuntun langkah demi langkah) untuk menginstall driver milik hardware baru yang anda tambahkan di komputer anda. Di sini anda dapat memilih secara manual, jenis hardware apa yang anda pasang dan di lokasi mana drivernya terletak. Fasilitas ini sangat berguna untuk hardware- hardware yang ti dak bi sa secara otomatis di kenali oleh Windows.

Adapun berikut fungsi – fungsi control yang ada pada Control Panel :
• Accessibility Option : Untuk pengaturan keyboard, sound, display mouse, general atau perangkat-perangkat pendukung pada komputer.
• Add Hardware : Untuk mengatur jendela penginstalan pada komputer.
• Admistratif Tools : Untuk mengatur settingan pada komputer, seperti ; services, performace, computer management, dll.
• Automatic Update : Untuk membantu kita dalam mempermudah penginstalan.
• Blutooth Config : Untuk menampilkan user name pada Bluetooth dan setting pendukung lainnya.
• Boot Save : Untuk merestart komputer dengan tenang atau penghemat daya.
• CPU – Z : Untuk mengetahui semua tentang komputer yang kita gunakan, seperti ; memory, CPU, mainboard, dll.
• Date and Time : Untuk mengatur waktu dan tanggal pada komputer.
• Display : Untuk mengatur tampilan layar atau desktop pada komputer.
• Folder Option : Untuk mengatur tampilan folder atau file.
• Fonts : Untuk mengatur setting pada bentuk-bentuk tulisan.
• Game Controllers : Untuk mengatur penginstalan game dan settingnya.
• HD Tune : Untuk melihat keadaan computer seperti ; suhu, kesehatan, kegagalan program, dll.
• Mouse Properties : Untuk mengatur tampilan mouse pada komputer, misalnya icon saat menjalankan perintah atau loding.
• Power Option : Untuk mengatur penghemat daya saat komputer stand by.
• Nero Burn Right : Untuk mengatur user group pada nero atau mereset program brun right pada nero burning ROM atau nero burning right.
• Network Connections : Untuk mengatur jaringan wireless.
• Printers and Faxes : Untuk melihat status dari perangkat printr atau fax yang terpasang.
• Real Tek Sound Effect Manager : Untuk membuat efek suara.
• Regional and Language Option : Untuk mengatur bahasa.
• Scheduled Tasks : Untuk menyimpah jadwal atau keperluan apapun untuk kita sebagai pengingat.
• Start up Control Panel : Untuk melihat program apa saja yang sudah terinstal didalam komputer.
• System Properties : Untuk melihat system apa yang kita gunakan pada komputer kita.
• Tasksbar and Startmenu : Untuk mengatur tampilan lembar kerja aktif dan jendela aplikasi pada windows.
• User Account : Untuk mengatur tampilan picture atau icon pada start menu.

Di unduh dari : http://b41mul14.ngeblogs.com/2009/12/15/control-panel/
http://fitriia.ngeblogs.com/

No comments:

Post a Comment

Followers

Blog Archive